Skip to content
Juli 26, 2011 / sman1makale

Pembukaan Masa Orientasi Siswa 2011/2012

Upacara Resmi Pembukaan MOS SMA Negeri 1 Makale

Senin, 4 Juli 2011

Hm, masih segar diingatan kita, MOS SMA Negeri Makale yang baru-baru ini digelar dari tanggal 4-8 Juli 2011 ini. Wajah-wajah baru menghiasi tahun ajaran 2011/2012 ini.  Dimulai dengan persiapan panitia MOS yang dilakukan 2 minggu sebelumnya dengan rapat yang cukup alot dan banyak fix sana sini terutama saat pembagian mentor. Wah, tapi untungnya semua bisa berjalan dengan lancar dan cepat kelar.

Well, kenalan dulu sama panitia pembimbing MOS kali ini yuk, yang tak lain adalah pengurus OSIS sendiri. Ketua Panitia: Pembimbing MOS kali ini adalah Rahmadi Muswianto (XII IPS 1), Wakil Ketua: Vania Shavina Santri (XII IPS 1), Sekretaris: Regina Nopsa Linran (XII IPA 3) dan Bendahara: Miansari Mogot B. (XII IPA 1).


HARI KE-1 MOS SMAN 1 Makale

Senin, 4 Juli 2011

Upacara Pembukaan

Hari pertama Mos dimulai dengan upacara pembukaan Masa Orientasi Siswa yang diikuti oleh siswa SMA Negeri 1 Makale dan calon peserta didik baru. Semua siswa berbaris berdasarkan kelompoknya. Bagi barisan peserta didik baru, totalnya ada 8 kelompok barisan yaitu antara lain, kelompok 1 (Enstein), kelompok 2 (Mendel), kelompok 3 (Newton), kelompok 4 (Edison), kelompok 5 (Rutherford), kelompok 6 (Avogadro), kelompok 7 (Dalton) dan kelompok 8 (Rotgen).

             Dalam sambutannya pada pembukaan Mos, Kepala SMA Negeri 1 Makale, Bapak Drs. Pither Parinding, M.Pd,  mengharapkan agar calon peserta didik baru dapat mengikuti Mos dengan baik karena Mos merupakan salah satu penilaian karakter bangsa yang mengajarkan kejujuran, kerjasama bahkan kedisiplinan. Beliau juga memperkenalkan lingkungan SMA Negeri 1 Makale kepada calon peserta didik baru dan memperkenalkan visi misi Smansa yang tertuju pada moto SMA Negeri 1 Makale yaitu, “Better School, Better Teachers and More Succesfull Student”.

Calon peserta didik SMA Negeri 1 Makale resmi mengikuti Mos yang ditandai dengan penyamatan tanda (ID Card) olek Kepala Sekolah kepada seluruh calon peserta Mos yang diwakilkan oleh Winny Sukoyo  dan Novianto Wono Saputra (kelompok Enstein).

                            

Hm, setelah mengikuti pembukaan Mos, calon peserta didik baru segera dituntun oleh para kakak mentor ke kelasnya masing-masing untuk bersiap mengikuti materi pertama yaitu Penghangat Suasana dan materi ke-2, Wawasan Wiyata Mandala. Materi tersebut dibawakan oleh guru-guru SMA Negeri 1 Makale sendiri.

Penghangat SuasanaFoto Bapak Drs. Ruben sedang membimbing kelas Avogadro dengan games ice breaking

 Bapak Drs. Ruben di kelas avogadro membawakan games ice breaking

Ibu Sridesika di kelas Mendel

Ibu Barnetje di kelas Enstein



HARI KE-2 MOS SMAN 1 Makale

Selasa, 5 Juli 2011

Mos pagi

Seperti biasa, sebelum memulai kegiatan pembekalan materi dan pengenalan sekolah kepada calon peserta didik baru, pertama-tama dibuka dengan upacara yang dipimpin oleh Bapak Drs. Yunus Paarrang. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan…..kepada calon peserta didik baru.

Wah, meskipun sudah hari kedua, tetap saja masih adaloh yang terlambat, jadinya siswa yang terlambat berbaris di sudut lapangan yang dijaga sama kakak-kakak mentor. Hari kedua Mos ini diambil alih oleh kelompok 2 yang tak lain adalah kelompok Mendel dengan asuhan kakak mentor, Miansari Mogot.

Mos Sore

Pada jadwal Mos sore, selasa, 5 juli 2011, calon peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan Mos sore dengan mengenakan ketentuan properti yang harus dikenakan selama Mos. Wah, apa aja nih propertinya??? Well, yang pertama, setiap calon peserta didik baru diwajibkan mengenakan ikat pinggang dari tali rafia dengan 2 botol gelas aqua di depan dan belakang yang diisi  dengan kelereng.

Nah, bagi yang cewek rambutnya wajib kepang 3. Wah…itu sudah termasuk poni juga harus diikat dan tidak boleh memakai jepitan. Semua peserta harus memakai kaos kaki beda warna, memakai kacamata dari gelas aqua dan wajib harus selalu membawa sapu lidi.Well, masih ada lagi, peserta laki-laki diwajibkan memakai bando cewek, wkwk…gimana ya???, dan juga diwajibkan memakai papan nama Mos dari karton. Nama Mos-nya sendiri diberikan oleh masing-masing mentor.

Bakti Sosial

Hm, kembali nih!

Nah, seperti biasa, Mos dimulai dengan kegiatan baksos di sekitar halaman sekolah. Setiap kelompok telah mendapat tenpat untuk melakukan kegiatan sapu-menyapu dan tiap kelompok diarahkan oleh masing-masing mentornya.

Well, ada juga nih peserta Mos yang terlambat dan akhirnya harus berhadapan sama kakak-kakak mentor…

PBB (Peraturan Baris-Berbaris)

Setelah baksos, peserta Mos diarahkan menuju lapangan untuk mengikuti PBB yang dibawakan oleh Bapak Berthus.

                     





HARI KE-3 MOS SMA1 Makale

Rabu, 6 Juli 2011

Mos pagi

Dihari yang ketiga ini, peserta Mos masih terus diberikan pembekalan materi dari guru-guru SMAN 1 Makale. Materi kali ini yaitu, Hak dan Kewajiban Siswa, Penanaman Nilai-Nilai Ideologi Pancasila dan Pengenalan Kegiatan Pengembangan Diri.

Hak dan Kewajiban Siswa

                                                  Ibu Naomi Sulle, S.Pd sedang membawakan materi Hak dan Kewajiban Siswa

Penanaman Nilai-Nilai Ideologi Pancasila

                                             

Mos Sore

Pengenalan Program Osis

Kali ini, pengurus Osis yang termasuk dalam panitia pembimbing Mos bakal memperkenalkan program-programnya agar peserta Mos dapat lebih mengenal lingkungan sekolah, kegiatan-kegiatan siswa dan tentunya kepengurusan Osis periode ini. Dimulai dari pengurus Inti:(dari kiri) Vivianty Sriayu (Wakil Bendahara Osis), Rahmadi Muswianto (Wakil Sekretaris Osis), Triyadi Suchrismas (Wakil Ketua Osis) dan Chentrika Matrella S. (Ketua Osis).

Sekbid 1, Keimanan dan Ketaqwaan Kepada TuhanYang Maha Esa

Cicilia A.M.L., Sifra Paramma’ dan Prabawati Amaliah (koord.)

Sekbid 2, Budi Pekerti Luhur dan Akhlak Mulia

Ochtavya Putri Devin dan Filadelfia Sari

Sekbid 3, Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Miansari M.B., Arwin Mangan, Anggi Dian A. (koord.)

Sekbid 4, Akademik, Seni dan Olahraga

Dimas T.H.P., Fephita Viadolorosa, Debima S.R.T dan Muhammad Akil

Sekbid 5, Demokrasi, Ham, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan dan Toleransi Sosial.

Fernandus Lintin, Firmanto N.L, Vania Shavina Santri (koord.)

Sekbid 6, Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan

Heppyanto, Gabriella A.S (koord. Dekading), Dwi Putra P., Resty Pasomba, Frederyk (koord.)

Sekbid 7, Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi

Ichal Logen, Michael A.B, dan Novany Putri

Sekbid 8, Sastra dan Budaya

Yessy A.S, Sry Ayu Wandira, Rixi Anggi A. (koord.)

Sekbid 9, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Reskiawan, Agung Putra Evankristo M.L, dan regina N.L (koord.)

Sekbid 10, Komunikasi Dalam Bahasa Inggris

Maranty B.R.A, Rifkiaty Rara K., Angela Merici L. dan Devianty Sriayu (koord.)

IPK (Ikatan Pelajar Kristen)

KSK (Kerukunan Siswa Katolik)

Nah, sesudah pengenalan Osis, kini tiba saatnya buat games-games seru. Wah, semuanya pada semangat dan senang. Games kali ini antara lain yaitu Estafet Air, Pecah Balon, Puisi Berantai dll. Pada  games Estafet Air, teknisnya setiap peserta/tim harus mengisi botol dengan air sebanyak-banyaknya, kalo perlu sampe penuh dengan cara estafet. Nah, yang menariknya peseta harus menggunakan sendok ataupun botol untuk estafet. Wah…seru…! Semua tim semangat dan nggak mau kalah, karena kalau kalah, akan diberikan hukuman.

          


HARI KE-4  SMAN 1 Makale

Kamis, 7 Juli 2011

Mos pagi

Kreatifitas Seni

Materi pertama di hari ke-4 ini adalah Kreatifitas Seni. Materi ini ditujukan untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki siswa. Nah, disini juga siswa akan diarahkan untuk bisa mengenal potensi yang dimilikinya dan berani tampil di depan umum.

Kelas Enstein berkelompok, lagi mengerjakan tugas


Ininih peserta Mos yang lagi unjuk potensi. Wah, ternyata banyak ya yang punya bakat di bidang seni. Kreatifitasnya patut diacungi jempol. Salut buat adek-adek…

Mos Sore

Well, tibalah Mos sore terakhir…wah, serasa baru kemarin Mos dimulai. Sudah ada perasaan sedih, bakal pisah sama peserta Mos yang lain dan kakak mentor. Pada mos kal ini, peserta diwajibkan membawa koran, selotif, gunting dan lem. Rupanya sore akan diadakan pemilihan Kartini dan Dodo’ Pandin. Wah apa hubungannya?. Baik, gini, karena akan diadakan kontes pemilihan, setiap kelompok harus mengutus  perwakilannya dalam pemilihan Kartini dan Dodo’ Pandin. Karena Kartini dan Dodo’ Pandin bakalan catwalk, maka tiap kelompok harus menyiapkan busana paling keren buat Kartini dan Dodo’ Pandinnya.Nah, yang serunya, busananya ini harus terbuat dari kertas koran. Ha?…mau tahu serunya!!! just look for this one…

Dan Hasilnya Tada!!!

Kelompok Dalton

Kelompok Avogadro

Kelompok Rutherford

Kelompok Mendel

Kelompok Enstein

Kelompok Edison

Tiba saatnya Pemilihan Kartini dan Dodo’ Pandin.

Dodo’ Pandin kelompok Mendel

Kartini kelompok Mendel

Kartini dan Dodo’ kelompok Newton

Dodo’ Pandin kelompok Edison

Kartini kelompok Edison

Dodo’ Pandin kelompok Rutherford

Dodo’ Pandin kelompok Avogadro

Kartini kelompok Avogadro

Dodo’ Pandin kelompok Dalton

Dodo’ Pandin kelompok Rotgen


HARI KE-5  MOS SMAN 1 Makale

Jumat, 8 Juli 2011

Ceramah Anti Narkoba HIV/AIDS

Karena cuaca yang tidak memungkinkan, upacara yang dirangkaikan dengan ceramah anti Narkoba, HIV/AIDS terpaksa dilakukan di dalam ruangan yang dibawakan oleh Bapak Drs. Ambo Tang.

Well, sebagai penutup MOS, akan diadakan pensi. Dimana setiap kelompok menampilkan yel-yel dan penampilan seni yang lain.  Penuh canda dan tawa. Itulah yang terjadi saat setiap kelompok menampilkan aksinya bersama dengan kakak mentornya.

Juli 20, 2011 / sman1makale

Puisi MOS 2011/2012

Inilah beberapa puisi hasil karya siswa baru yang mengikuti MOS di SMAN 1 Makale 2011/2012:

Demi Cinta…

Created by: Harus Alfa Pangloli

Aku pernah setia

Tapi aku dikhianati

Aku selalu percaya

Tapi aku dibohongi

          Aku terlalu mencintai

          Tapi aku disakiti

          Aku pernah memiliki

          Tapi aku ditinggalkan

Aku pernah menyayangi

Tapi aku disiasiakan

Aku selalu berharap

Tapi aku dikecewakan

          Masihkah aku harus percaya pada sosok kekasih…???

          Masihkah aku harus percaya tentang cinta sejati…???

Semua akan terasa membingungkan

Terkadang kita selalu menutup air mata dengan senyuman

          Harus mengalahkan

          Walau hati menginginkan

Harus merelakan

Walau hati terasa perih

Harus diam

Walau hati dan bibir ingin bicara

         Terkadang juga

         Hati ini terasa perih

         Ketika orang yang kita cintai

         Bahagia bersama orang lain

Terkadang jiwa selalu berusaha

Berusaha untuk tetap kuat dan tegar

        Kita harus berbohong

        Walau dalam hati

        Tidak pernah mau untuk berbohong

Harus membenci

Walau hati menyayangi

Hati tak pernah salah

Hati tak pernah bohong

Hati tak pernah mengeluh

Hati selalu saja berkorban

Walau kadang ia harus terluka

Demi orang yang kita dia cintai

Penantian

Oleh Sriwityani D.S

Selalu ku mencoba tuk mendapatkanmu

Tapi, tak bisa ku dapatakn dirimu

Ingin rasanya menyerah

Tapi, ku tak ingin menyerah

Mencoba melupakanmu

Tapi ku tak bisa melupakanmu

Ku ingin engkau bahagia denganku

Tapi, tak ada rasa kebahagiaan saat kau denganku

Kuingin di cintai olehmu

Namun engkau tak memberikan cinta itu padaku

Mungkin hanya sekedar lewat mimpi

Ku bisa memberimu kebahagian

Bagiku hanya kaulah yang terindah dalam hidupku

Bagiku hanya kaulah yang special dalam hatiku

Karena hanya yang ada di dalam hidupku

Untuk selamanya…

ISYARAT KALBU

Oleh Sitti Hardianti

 

Aku mengenalmu dari hati bukan mata

Aku mengenalmu dengan jiwa bukan dengan kata

Dan Aku mencintaimu dengan perasaan bukan dengan pikiran.

Bagai embun jatuh membasahi jalan

Begitu pula kasihku tumbuh padamu

Bagai malam tak berbintang

Begitulah diriku tanpamu…

Hanya satu kata yang kini dalam benakku

Dan jika wujudnya menjelma pada sebintik hati

Begitu berdebarnya hati ingin berbagi batin

Bagai matahari ingin menyinari dunia

Wahai hujan yang di sana

Mungkin saja ini kau rasa

Melewati bahasa kalbuku

Ingin dekap itu ada untukku

Mentariku

Oleh Novrendi

Di kala senja kududuk membisu

Menatap sang surya di ufuk barat

Tertelan oleh gunung di sana

Hingga gelaplah bumi ini

Aku tersadar dari khayalanku

Kalau mentariku juga tertelan bumi

Di genggam oleh tangan lain

Di bawah pergi jauh dariku

Aku tertunduk meratapi hidupku

Kehilangan sosok mentari tercinta

Membuat diriku jadi gelap

Jalan hidupku tak tentu arah

Andai semua insan tahu

Apa yang aku rasakan

Mereka akan menghiburku

Agar terlepas dari kegelapan

Namun,

Semua itu tak akan terjadi

Mereka tak tahu betapa sedihnya hatiku

Hanya satu yang dapat kulakukan

Menunggu mentari yang hilang

Ungkapan Hatiku

Oleh Mika Afsari

 

Sedih yang kini kurasakan

Ketika dia meninggalkanku

Namun semua itu seketika hilang

Saat kau hadir dalam kehidupanku

 

Aku sangat bahagia kau ada disini

Kau mewarnai hari-hariku dengan canda

Dan tawa yang membuat sedihku terhapuskan

 

Kini aku sadar bahwa,

Sebenarnya aku menyayangimu dan

Aku berharap bisa selamanya denganmu

 

Walaupun aku tahu bahwa

Itu tak mungkin bisa terjadi

 

Meskipun berbagai cara telah kulakukan

Semua itu akan tetap mustahil bagi kita

Namun perasaan dan

Harapanku ini akan tetap kusimpan di relung hatiku

 

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.